Perkembangan bayi usia 3 bulan

perkembangan bayi usia 3 bulan

perkembangan bayi usia 3 bulan

Pada usia ini bayi berkembang sangat pesat, ia mulai bisa mengamati benda-benda di sekelilingnya dan ingin meraih benda tersebut. Sang bayi juga mulai lebih stabil gerak dan refleknya serta kebiasaan menggenggam tangannya mulai menghilang.

Bayi yang berusia 3 bulan, perlu pengawasan yang lebih ketat karena dia mulai memasukkan benda-benda yang diraihnya kedalam mulut. Di usia ini juga sang bayi mulai suka mendengarkan suara-suara asing terutama suara dirinya sendiri.

Jika anda ingin memberikan mainan kepada bayi, maka usia ini lah anda bisa memberikan mainan tersebut. Disarankan untuk memberikan mainan yang terbuat dari karet atau plastik dengan ujung yang tumpul.

Hindari mainan yang diberi pewarna yang mudah terkelupas seperti cat dan sejenisnya. Memberikan mainan yang memiliki suara akan lebih baik karena dapat melatih pendengarannya dan merangsang bayi agar lebih aktif.

Bayi di usia 3 bulan, sudah bisa untuk diperkenalkan ke dunia luar dan hendaklah diajak jalan-jalan disekitar rumah saja. Untuk merangsang perkembangan otak si bayi anda bisa memperdengarkan lagu-lagu lembut atau menyanyikan lagu kepada sang buah hati anda.

Anda bisa mengajak si bayi untuk berkomunikasi disertai dengan mengerak-gerakan tangannya dan bayi juga sudah mulai bisa mengekspresikan gembira, sedih dan tertawa.
Berikut perkembangan bayi usia 3 bulan:

  1. Menegakkan kepala – hal ini merupakan perkembangan dan kepandaian pertama yang dilakukan sang bayi, seperti menegakkan kepalanya sejajar dengan tubuh. Bahkan saat telungkup si bayi akan mengangkat kepalanya mencoba berinteraksi dengan sekelilingnya.
  2. Gerakan kaki dan tangan lebih baik – Bayi akan lebih sering melambai-lambai tangan dan menendangkan kakinya, membuat sendi paha dan lututnya lebih lentur dan tendangannya pun akan lebih kuat.
  3. Pola tidur lebih stabil – Bayi menjelang usia tiga sampai empat bulan pola tidurnya akan menjadi lebih stabil, dan bagi sang ibu pun akan menjadi lebih tenang dan sedikit lebih lega.
  4. Memperhatikan Wajah –  Bayi diusia tiga bulan mulai memperhatikan wajah orang-orang terdekatnya, dan dia sudah bisa mengenali dan mengingat wajah yang dilihat terutama ibunya. Ikatan emosi yang terjadi antara bayi dengan ibu membuat si bayi merasa aman dan nyaman.  Hal ini yang membuat sang bayi menolak untuk di gendong dengan orang yang tidak dikenalnya.
  5. Perkembangan awal bahasa – Masa-masa sensitif dimana rangsangan lisan si bayi menjadi lebih penting. Oleh karena itu hendaklah anda untuk lebih mengenalkan beberapa variasi kata dan bunyi kepada si bayi.
  6. Sentuhan menjadi lebih sensitif – Berikanlah sentuhan yang lebih lembut atau anda bisa menggunakan bahan halus seperti tisu dan kain. Anda pun bisa memberikan sentuhan ketangannya atau anggota tubuh yang lain. Hal ini dapat menambah kepekaan dan konsentrasi bagi bayi anda.

Kemampuan dalam perkembangan bayi berbeda-beda pada setiap tahapan usianya. Jadi hendaklah anda atau orangtua lebih sering berinteraksi kepada sang buah hati untuk membantu daya kembangnya menjadi lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s